Minggu, 23 Desember 2012

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup


Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup

Iffa Ulfia Dhitanti, terlahir 27 September 2012 pada usia kehamilan 24 minggu (6 bulan) dengan berat 650 gram dan panjang 31 cm. Merupakan anak ke-2 pasangan Ibu Atika dan Bapak Rudiyanto yang terus berdoa dan berusaha demi keselamatan putrinya ini yang terlahir dengan status BBLER (Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah).

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 1
Iffa ketika lahir dengan berat badan 650 gram

Pada pagi hari tanggal 27 September 2012, Ibu Atika merasakan kontraksi meskipun kehamilan baru memasuki bulan ke-6. Bermaksud memeriksakan tentang apa yang terjadi, ketika sampai di IGD RSI Hidayatullah ternyata pembukaan telah lengkap sebagaimana yang terjadi pada kehamilan 9 bulan. Saat itu juga Ibu Atika dibawa ke ruang bersalin untuk mendapatkan penanganan langsung, dan tidak berselang lama segera masuk ke proses melahirkan. Dek Iffa terlahir prematur dengan berat 650 gram dan panjang badan 31 cm (berat kelahiran bayi normal adalah berkisar antara 2.500 4.000 gram).

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 2
Foto cap kaki Iffa yang sangat kecil

Waktu itu Ibu Atika dan Pak Rudi pasrah dengan apa yang terjadi, namun berdasarkan instruksi dari dokter anak di rumah sakit tersebut bahwa sang bayi ini bisa dipertahankan, maka mereka mengambil keputusan bahwa apapun yang terjadi, Iffa harus tertolong dan yakin bisa tumbuh sebagaimana anak yang normal.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 3
Iffa usia 1 hari

Sementara itu, rumah sakit memberikan rujukan ke rumah sakit yang memiliki peralatan yang lebih lengkap untuk penanganan dan perawatan Iffa. Peralatan yang dibutuhkan waktu itu adalah inkubator, CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dan beberapa peralatan lain untuk penanganan bayi terlahir dibawah 1 kg. Alternatif rujukan yang pertama adalah rumah sakit di Jogja, namun semua rumah sakit yang memiliki peralatan tersebut ternyata penuh dan terpakai. Sedangkan Iffa harus segera mendapatkan perawatan intensif secepatnya.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 4
Peralatan yang diperlukan Iffa : inkubator dengan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP)

Rujukan perawatan dilanjutkan ke RSU PKU Bantul, Iffa diterima di NICU RSU PKU Bantul dan mendapatkan perawatan intensif selama hampir 2 bulan lamanya. Selama di NICU Iffa menggunakan alat tambahan oksigen dengan CPAP, menerima 2 kali transfusi darah (karena HB drop), infus dan selang yang disambungkan langsung ke saluran pencernaan (untuk jalur asupan ASI yang diberikan). Saat ini Iffa dirawat di Ruang Patologi rumah sakit tersebut, di dalam box inkubator, dan masih menggunakan selang pencernaan. Setiap hari Ibunda mengantar ASI untuk Iffa.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 5
Iffa di NICU RSU PKU Bantul Yogyakarta

Pada tanggal 8 Desember 2012 kami melakukan pengecekan tagihan rumah sakit selama Iffa dirawat. Jumlah tagihan sampai dengan hari ini berjumlah Rp. 31.000.000 lebih dan masih terus bertambah. Segala macam usaha dilakukan untuk membayar biaya rumah sakit ini. Mulai dari pengurusan Jaminan Kesehatan, sampai dengan permohonan keringanan biaya rumah sakit bermodalkan surat keterangan kurang mampu untuk biaya rumah sakit yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan setempat (SKTM).

Biaya sebesar ini sungguh memberatkan beban mereka. Ibu Atika adalah seorang tenaga bantu honorer (kader KB) di lingkungannya, sedang Pak Rudi adalah seorang pekerja harian lepas yang beberapa waktu yang lalu bekerja sebagai buruh proyek di luar propinsi, dan tidak bisa bekerja sejak Iffa lahir sampai dengan sekarang karena harus mengurusi berbagai keperluan Dek Iffa. Saat ini mereka kembali tinggal di rumah orangtua mereka karena sewa kontrakan rumah telah habis bulan lalu dan tidak diperpanjang lagi.

Dari surat keterangan Diagnosa RSU PKU Bantul diperoleh informasi diagnosa sebagai berikut : BBLER (Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah), KB KMK, SIM, PRESBO, SEPSIS, HMD SUSP., dan AP. OF PREMATURITY. Perawatan intensif terus dilakukan sampai dengan sekarang.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 6
Iffa di Ruang Patologi RSU PKU Bantul Yogyakarta tanggal 7 Desember 2012

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari dr. Nurcholid Umam, Sp.A., dokter yang selama ini merawat Iffa, perkembangan Iffa sangat baik. Pengecekan berat badan hari ini : 1.350 gram pada usia 70 hari atau 2 bulan dirawat di rumah sakit. Asupan yang diterima Dek Iffa adalah ASI dan susu formula sebagai tambahan jika sewaktu-waktu ASI habis. KMC (Kangaroo Mother Care) dilakukan Ibu Atika di rumah sakit setiap hari minimal selama 2 jam untuk mengatasi hypothermia pada Dek Iffa. Jika dengan KMC tersebut perkembangan Iffa baik, minggu depan akan dilakukan review oleh tim dokter. Apabila memungkinkan, maka perawatan bisa dilanjutkan di rumah dengan syarat harus memiliki box inkubator sendiri dan dipersiapkan tempat yang steril untuk Iffa. Tagihan rumah sakitpun harus dipikirkan karena sudah menembus angka lebih dari 31 juta rupiah dan terus bertambah, pada saat pulang nanti biaya tagihan rumah sakit harus dilunasi. Kontrol rutin ke dokter dan pengobatan tetap harus dilakukan secara berkala setelah pulang.

Pasrah, doa dan usaha mereka untuk mempertahankan bayi Iffa adalah luar biasa. Apapun yang terjadi, Tuhan pasti memberikan yang terbaik. Mereka yakin Iffa yang terlahir dengan berat 650 gram bisa selamat dan tumbuh selayaknya anak-anak sehat yang lain

Demikian tulisan ini kami susun, saat ini orangtua Iffa membutuhkan bantuan dana untuk membayar biaya rumah sakit dan pengadaan box inkubator di rumah agar Iffa bisa segera pulang sebelum beban biaya rumah sakit menjadi lebih berat lagi. Kepada segenap donatur yang mau berbagi dan meringankan beban mereka, silahkan klik disini.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 7


Quote:Untuk Laporan penyaluran dana dan update berita tentang dek Iffa, silakan kunjungi www.eryepeduli.com
Follow us: @eRYePEDULI



Bagi segenap donatur yang ingin berbagi dan membantu pasien yang membutuhkan, silahkan melakukan donasi melalui rekening kami berikut ini :
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 8
(Bank Mandiri) 137 0010 35 3130 Atas Nama : YAYASAN ERYE PEDULI
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 9
(BCA) 445 0921 802 Atas Nama : Robby Haryanto

Konfirmasi donasi silahkan menghubungi ke nomer petugas kami di : 08812 61 60 60

Akan sangat memudahkan kami dalam melakukan pelaporan jika dalam konfirmasi donasi via SMS tersebut dikirimkan dalam format :

- Nama : .......... ..........
- Nama rekening pengirim : (tidak diperlukan jika Nama Pengirim dan Pemilik Rekening sama)
- Jumlah donasi : .......... ..........
- Ke rekening bank : BCA / Mandiri
- Berita Bank : .......... ..........
- Keterangan Lain : .......... ..........

Contoh format penulisan konfirmasi via SMS : Bowo Harjanto, Rp 100.111, ke rekening BCA, donasi untuk pasien Eryepeduli, di rekap dengan nama Bowo Semarang.

Konfirmasi juga dapat dilakukan dengan mengisi form berikut ini : Form Donatur Eryepeduli. Untuk pengiriman dari bank lain, bisa dilakukan dengan mengirimkan jumlah donasi dengan jumlah unik (misalnya sejumlah Rp 25.025, Rp 50.001, Rp 123.123 dan seterusnya)

Quote:follow us @eRYePEDULI

kasian ganSorry
btw ane pertamax


Quote:Original Posted By file.not.found â–º
Sejak pagi hari pukul 09.00 Ibunda Iffa berada di Ruang Patologi RSU PKU Bantul untuk melakukan terapi KMC (Kangaroo Mother Care) pada putrinya Iffa, bayi berusia 2 bulan yang terlahir BBLER (Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah) 650 gram.
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 11
Keterangan yang diperoleh dari dr. Nurcholid Umam, Sp.A., hari Senin mendatang akan dilakukan pengecekan lebih lanjut melalui scan (USG) kepala. Hari ini pukul 12.00 siang Iffa mendapatkan visit dokter mata yang bertugas di Ruang Patologi. Dalam 2 minggu ke depan akan dilakukan kontrol untuk mengetahui kemungkinan terjadinya Retinopathy of Prematurity (ROP) atau kemungkinan perkembangan retina yang tidak normal pada bayi prematur atau yang menggukan inkubator. Dokter juga menyampaikan tentang terapi ROP ini salah satunya adalah menggunakan penyinaran laser dengan biaya 2 juta rupiah per sekali terapi jika diperlukan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ini adalah fokus pada perkembangan berat badan Iffa, respon (naluri) pada saat dilakukan KMC, dan ketika dicoba untuk diberikan ASI secara langsung, bukan melalui sendok atau pipet.


Untuk perkembangan selanjutnya silakan ke www.eryepeduli.com dan follow twitter @eRYePEDULI


Quote:Original Posted By file.not.found â–º
Can you feel these happiness…

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 12

“Kebahagiaan ini adalah kebahagiaan yang boleh dibagi untuk dirasakan segenap sahabat-sahabat peduliku”


Untuk pertama-kalinya, Iffa bisa merasakan udara segar dan hangatnya belaian mentari. Sore ini Jumat 14 Desember 2012 Iffa direkomendasikan pulang opname oleh team dokter RSU PKU Bantul Yogyakarta. 2,5 bulan lamanya sejak kelahiran, Iffa harus dirawat secara intensif di NICU dan Ruang Patologi rumah sakit. Bisa sahabat-sahabat peduliku bayangkan rasa itu, betapa bahagia perasaan mereka, Iffa yang terlahir prematur dengan status BBLESR (Bayi Berat Lahir Ekstrem Sangat Rendah) 650 gram, yang mereka doakan dan perjuangkan, direkomendasikan pulang dan bisa melanjutkan rawat jalan di rumah.

“Welcome Iffa, we’ll share the world, we’ll share these happiness!!”

Secara pribadi, Ibu Atika dan Bapak Rudyanto menitipkan salam ini. Ucapan terima kasih diberikan kepada segenap donatur Eryepeduli yang telah melegakan sebagian hati dan rejekinya untuk Dedek Iffa. Bantuan, doa dan uluran tangan sahabat-sahabat Eryepeduli bisa meringankan beban mereka dalam menjalani ujian ini. Mereka adalah orang yang terpilih, dan tanpa ragu tanpa banyak syarat seluruh perhatian dan dukungan ini ada untuk mereka.

Saat ini kami sedang mengurus keringanan biaya yang mungkin bisa diperoleh dan merupakan hak bagi orangtua Iffa untuk mendapatkan keringanan beban pembayaran biaya opname Iffa. Total biaya yang harus dibayarkan ke rumah sakit adalah sebesar Rp 32.414.560,-. Keputusan final besarnya jumlah keringanan yang mungkin diberikan akan kami terima pada hari Selasa 18 Desember 2012, dan akan kami laporkan pada Field Report selanjutnya.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 13
Follow us:
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 14
@eRYePEDULI
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup 15
eRYe PEDULI


visit for update:
www.eryepeduli.com


Innalillahi...

Kasihan bnget gan, pngen bantu secara material tapi belum pnya dana lebih juga..Berduka (S)
Bantu dukungan moral sama doa yak...Smilie

wah kasian gan dibawah 1 kg beratnyaBerduka (S)Berduka (S)Berduka (S)Berduka (S)Berduka (S)
-
tq gan dah di stickycoffee

jadi ingat putriku sayang hiksMatabelo


Quote:Original Posted By rissal â–º
Innalillahi...

Kasihan bnget gan, pngen bantu secara material tapi belum pnya dana lebih juga.. Berduka (S)
Bantu dukungan moral sama doa yak... Smilie


sama ane ikut bantu dukungan moral dan doa ya gan

Sekarang aja baru tanggal 8 desember ganHammer2

mugo mugo gek ndang sehat dekKiss
kasian bapak ibu mu,berjuang ya dekKiss

semoga ALLAH memberi kekuatan dan kesehatan buat si adek

ane aja dl lahir 3,5kgMatabelo

http://fatlossguru.beep.com/

Masya Allah...

Insya Allah ntar kl ada rejeki ane bantu dikit ya om...Embarrassment

ane cuma bisa bantu dengan do'a gan
" ya Allah semoga iffa diberikan kesehatan, dan keselamatan agar iffa dapat berkumpul dengan keluarga yang amat sangat menyayangi iffa, sembuhkan penyakitnya, karna kami tahu kaulah maha pengasih dan maha penyayang, amin"
buat agan-agan yg bisa menyumbang, silahkan hubungi TSI Love Indonesia (S)

kasian gan hiks... hiks.. hiks...

dek Iffa, kecil bangetFrown
ingetin ane sm ponakan yg premature duluBerduka (S)
alhamdulillah skr udh umur 2 tahunSmilie

semoga dek Iffa lekas sehat yah, berat badannya naikKiss (S)

kecil banget si dd bayi nya
semoga diberi kesehatan dan jadi anak yang berbakti sama ortu nya

semangat ya sayang...
pasti adek bisa berjuang menikmati indahnya duniaSmilie

Ayo kita bantu dia juragan

ya allahFrown
cepet sembuh ,Frownbiar bisa tumbuh sehatFrown

semoga cepet membaik dek iffa nyaKiss
ane cuma bisa bantu doa aja ganSorry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar