Minggu, 30 Desember 2012

Semen Gresik Akuisisi Produsen Semen Milik Orang Terkaya Vietnam


Quote:Semen Gresik Akuisisi Produsen Semen Milik Orang Terkaya Vietnam 1
Presiden Direktur Semen Gresik Dwi Sutjipto


Quote:PT Semen Gresik Tbk (SMGR) menuntaskan proses akuisisi Thang Long Cement JSC, produsen semen yang berbasis di Vietnam. Semen Gresik membeli 70 persen saham Thang Long senilai US$157 juta.

Semen Gresik mengambil alih Thang Long Cement dari Hanoi General Export-Import Joint Stock Company (Geleximco), konglomerasi yang dikendalikan oleh Vu Van Tien, salah seorang terkaya di Vietnam. Semen Gresik dan Geleximco telah menandatangani perjanjian jual beli (sale purchase agreement/SPA) di Hanoi, Vietnam, Selasa (18/12). Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Dalam proses akuisisi tersebut, JP Morgan (SEA) Ltd bertindak sebagai penasihat keuangan Semen Gresik, sedangkan Geleximco menunjuk An Binh Fund Management Company (ABF).

Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto mengatakan, pengambilalihan Thang Long Cement merupakan tonggak sejarah yang sangat penting agar perseroan bisa menjadi produsen semen terkemuka di Asia Tenggara. Semen Gresik akan menempatkan perwakilannya di dewan direksi Thang Long Cement dalam beberapa pekan ke depan. Thang Long, yang berarti ‘Naga Terbang', juga bakal dikonsolidasikan sebagai anak usaha Semen Gresik.

“Ada banyak hal yang harus dilakukan, tapi kami optimistis akuisisi ini bisa mempercepat per tumbuhan bisnis Semen Gresik,” ujar Dwi usai penandatanganan perjanjian akuisisi tersebut.

Untuk mengakuisisi Thang Long Cement, Semen Gresik menggunakan dana kas inter- nal yang saat ini mencapai Rp2,8 triliun. Nilai akuisisi Thang Long Cement sebesar US$157 juta telah memperhitungkan utang bersih perusahaan semen itu senilai US$111 juta.

Thang Long Cement adalah produsen semen terkemuka di Vietnam, dengan kapasitas produksi sebanyak 2,3 juta ton per tahun. Cadangan deposit batu kapur perseroan sekitar 76 juta ton. Pabrik semen perseroan terletak di Provinsi Quang Ninh, sedangkan pabrik penggilingan di pinggiran kota Ho Chi Minh.

Dwi menjelaskan, dekatnya jarak antara pabrik Thang Long Cement dan Pelabuhan Cai Lan membuat operasional perusahaan lebih efektif dan efisien. Pabrik penggilingan Thang Long juga dekat dengan jalur transportasi Sungai Delta Mekong.

Thang Long Cement berpotensi mengembangkan dua pabrik baru di Provinsi Quang Ninh dan Binh Phuoc. Pabrik itu didukung oleh deposit batu kapur lebih dari 200 juta ton. “Hal itu membuka peluang untuk memenuhi permintaan pasar domestik yang terus meningkat di Vietnam dan memenuhi kekurangan pasokan di Indonesia,” kata Dwi.

Saat mengunjungi pabrik Thang Long Cement di Quang Ninh, Vietnam, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan sangat setuju mengenai pengambilalihan Thang Long Cement oleh Semen Gresik. Akuisisi tersebut murni aksi korporasi Semen Gresik, yang diselesaikan secara bussines to bussines (B to B). Hal itu berdampak pada semakin eratnya hubungan antara Indonesia dengan Vietnam.

SUMBER


saatnya perusahaan dalam negeri ekspansi ke luar negeri....I Love Indonesia (S)

Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)
Rate 5 StarRate 5 StarRate 5 StarRate 5 StarRate 5 Star


Quote:TRIT ANE YG MASIH FRESH....

Soal Pelayanan Publik, Pemda dan Polri Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat

Halte dan Bus Transjakarta Tahun Depan Dirombak

Redenominasi, Sen Menjadi Satuan Rupiah Terkecil

Rahadewineta, Wasit Indonesia di Kejuaraan Dunia Taekwondo

2013, Lapan Luncurkan Roket dari Morotai

Aturan Ganjil-Genap Tidak Berlaku di Seluruh Jakarta

Menyiasati Kebijakan Ganjil Genap di Jakarta

Mobil Listrik Nasional Akan Dirilis Mei 2013

Disiapkan, TransJakarta Khusus Perempuan

[KISAH UNIK]Kisah Sinshe Spesialis Koruptor di Bareskrim


kalah dong semen padang ya ?Big Grin

setelah carefour sekarang semen vietnam
wow

lanjutkan

Vietnam spti indonesia tempo dulu thn 1960 an saat ini...jam 8 malam aja skrg lebih ramai pati daripada hanoi...


Quote:Original Posted By clcyep â–º
kalah dong semen padang ya ? Big Grin


memangnya semen padang milik siapa ya gan?....Hammer2

wah berita bagus itu. kalo terus berekspansi gini. nggak nutup kemungkinan indonesia jadi produsen semen no 1 se asia tenggara. maju trus BUMNI Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By OrcaWhale â–º
wah berita bagus itu. kalo terus berekspansi gini. nggak nutup kemungkinan indonesia jadi produsen semen no 1 se asia tenggara. maju trus BUMN I Love Indonesia (S)


jangan korupsi terus yg maju ya gan...Big Grin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar