Senin, 24 Desember 2012

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★


Wilujeng Sumping Di

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 1


Quote:Sekilas Tentang Kabupaten Majalengka

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 2


Sejarah
Quote:ASAL USUL NAMA MAJALENGKA

asal usul kota Majalengka berasal dari Nyi Rambut Kasih dan Pangeran Muhammad. Pada waktu itu kerajaan Cirobon mengutus Pangeran Muhammad untuk mencari obat yaitu “Buah Maja” sedangkan buah itu hanya ada dikerajaan “Sindangkasih” yang dipimpin oleh Nyi Rambut Kasih. Pangeran Muhammad dating ke Sindangkasih bukan hanya mencari Buah Maja tetapi sambil menyebarkan Agama Isla, padahal saat itu kerajaan Sindangkasih sudah menganut Agama Hindu.
Setelah mendengar itu selaku pemimpin kerajaan Nyi Rambut Kasih akan memberikan buah itu tetapi ada syaratnya, Pangeran Muhammad harus masuk Agama Hindu, Sedangkan Pangeran Muhammad menolak untuk masuk agama Hindu. Maka Nyi Rambut Kasih murka dengan menghilangkan kerajaannya dan seluruh rakyatnya jadilah hutan dan gunung. Tetapi keinginan Pangeran Muhammad untuk mendapatkan buah itu sangat besar karena Nyi Rambut Kasih tidak mengabulkannya, maka Pangeran Muhammad bertapa/bersemedi agara diberi namun sampai tutup usia tidak diberi. Beliau bertapa dibukit dan bukit itu di beri nam “MARGATAPA” dan kerajaan Sindangkasih menjadi hutan dan gunung. Akhirnya daerah itu disebut “Majalangka / Majelangka” sampai sekarang menjadi kota kecil.

KERAJAAN HINDU TERAKHIR DI MAJALENGKA

Sekitar tahun 1480 (pertengahan abad XV) Mesehi, di Desa Sindangkasih 3 Km dari Kta Majalengka ke Selatan, bersemayam Ratu bernama Nyi Rambut Kasih keturunan Prabu Sliliwangi yang masih teguh memeluk Agama Hindu. Ratu masih bersaudara dengan Rarasantang, Kiansantang dan Walangsungsang, kesemuanya telah masuk Agama Islam.
Adanya Ratu di daerah Majalengka adalah bermula untuk menemui saudaranya di daerah Talaga bernama Raden Munding Sariageng suami dari Ratu Mayang Karuna yang waktu itu memerintah di Talaga.
Di perbatasan Majalengka - Talaga, Ratu mendengar bahwa di darah tersebut sudah masuk Islam. Sehingga mengurungkan maksudnya dan menetaplah Ratu tersebut di Sindangkasih, dengan daerahnya meliputi Sindangkasih, Kulur, Kawunghilir, Cieurih, Cicenang, Cigasong, Babakanjawa, Munjul dan Cijati.
Pemerintahannya sangat baik terutama masalah pertanian yang beliau perhatikan dan juga pengairan dari Beledug-Cicurug-Munjul dibuatnya secara teratur. Kira-kira tahun 1485 putera Raden Rangga Mantri yang bernama Dalem Panungtung diperintahkan menjadi Dalem di Majalengka, yang mana membawa akibat pemerintahan Nyi Rambut Kasih terjepit oleh pengaruh Agama Islam.
Kemudian lagi pada tahun 1489 utusan Cirebon, Pangeran Muhammad dan istrinya Siti Armilah atau Gedeng Badori diperintahkan untuk mendatangi Nyi Rambut Kasih dengan maksud agar Ratu maupun Kerajaan Sindangkasih masuk Islam dan Kerajaan Sindangkasih masuk kawasan ke Kesultanan Cirebon. Nyi Rambut Kasih menolak sehingga timbul pertempuran antara pasukan Sindangkasih dengan pasukan Kesultanan Cirebon. Kerajaan Sindangkasih menyerah dan masuk Islam, sedangkan Nyi Rambut Kasih tetap memeluk agama Hindu.
Mulai saat inilah ada Candra Sangkala Sindangkasih Sugih Mukti - tahun 1490.

ABAD XVI AGAMA ISLAM MASUK DAERAH MAJALENGKA

Daerah-daerah yang masuk Daerah Kesultanan Cirebon, dan telah semuanya memeluk Agama Islam adalah Pemerintahan Talaga, Maja, Majalengka. Penyebaran Agama Islam di daerah Majalengka terutama didahului dengan masuknya para Bupati kepada agama itu. Kemudian dibantu oleh penyebar-penyebar lain antaranya : Dalem Sukahurang atau Syech Abdul Jalil dan Dalem Panuntun, semua di Maja; Pangeran Suwarga di Talaga dan yang lainnya Pangeran Muhammad, Siti Armilah, Nyai Mas Lintangsari, Wiranggalaksana, Salamuddin, Puteran Eyang Tirta, Nursalim, RH Brawinata, Ibrahim, Pangeran Karawelang, Pangeran Jakarta, Sunan Rachmat di Bantarujeg dan masih banyak lagi.
Tahun 1650 Majalengka masuk pengaruh Mataram karena Cirebon telah menjadi kekuasaan Mataram. Waktu itu Cirebon dipegang oleh Panembahan Ratu II atau Sunan Girilaya.

PENGARUH SULTAN AGUNG MATARAM ABAD XVII

Tahun 1628 Tumenggung Bahureksa diperintahkan oleh Sultan Agung untuk menyerang Batavia, dengan bantuan pasukan-pasukan dari daerah-daerah manapun masalah logistiknya, juga pendirian loji-loji sebagai persediaan loistiknya di daerah Majalengka Utara, loji-loji banyak didirikan di Jatiwangi, Jatitujuh dan Ligung.
Mataram berpengaruh besar terhadap Majalengka, dimana banyak orang Mataram yang tidak sempat kembali ke tempat asalnya dan menetap di Majalengka.
Abad ke-XVII merupakan juga bagian dari pada peristiwa pertempuran Rangga Gempol yang berusaha membendung pasukan Mataram ke wilayah Priangan. Hal ini perlu diketahui bahwa wilayah Priangan akan diserahkan kepada V.O.C. (tahun 1677). Pasukan Rangga Gempol mundur ke Indramayu dan Majalengka.
Hubungan sejarah Sumedang yang menyatakan bahwa Geusan Ulun merupakan penurun para bupati Sumedang. Majalengka waktu itu masuk kekuasaan Sunan Girilaya, konon menyerahkan daerah Majalengka kepada Sunan tersebut sebagai pengganti Putri Harisbaya yang dibawa lari dari Keraton Cirebon ke Sumedang. Tahun 1684 Cirebon diserahkan Mataram kepada V.O.C. maka otomatis Majalengka masuk daerah V.O.C.

MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN PENGHAPUSAN KEKUASAAN BUPATI ABAD XVIII

Tahun 1705, seluruh Jawa Barat masuk kekuasaan Hindia Belanda, pada tahun 1706 pemerintah kolonial menetapkan Pangeran Aria Cirebon sebagai seorang Gubernur untuk seluruh Priangan. Olehnya para bupati diberi wewenang untuk mengambil pajak dari rakyat, termasuk Majalengka bagi kepentingan upeti kepada pemerintah Belanda.
Paksaan penanaman kopi di daerah Maja, Rajagaluh dan Lemahsugih mengakibatkan banyak rakyat yang jatuh kelaparan.

MAJALENGKA PADA ABAD XIX

Tidak saja tanam paksa kopi, Pemerintah Hindia Belanda pun memaksa rakyat untuk menanam lada, tebu dan tanaman lain yang laku di pasaran Eropa. Hal ini semakin menambah berat beban rakyat sehingga kesengsaraan dan kelaparan terjadi di mana-mana.
Tahun 1805 terjadi pemberontakan oleh Bagus Rangin dari Bantarjati menentang Belanda. pertempuran pun pecah dengan sengitnya di daerah Pangumbahan.
Pasukan Bagus Rangin yang berkekuatan ± 10.000 orang kalah dan terpaksa mengakui keunggulan Belanda. Tanggal 12 Juli 1812 Bagus Rangin menerima hukuman penggal kepala di kali Cimanuk dekat Karangsambung, sekarang beliau dinobatkan sebagai pahlawan. Waktu itu pada masa pemerintahan Gubernur Hindia Belanda Henrick Wiesel (1804-1808) dan dilanjutkan oleh herman Willem Daendels (1808-1811) kemudian oleh Thomas ST Raffles (1811-1816).
SUMBER 1 & SUMBER 2


Pemerintahan
Quote:- Bupati
- Wakil Bupati
- Sekretariat Daerah
- Badan-Badan Daerah
- Dinas-Dinas Daerah
- Website Resmi Kabupaten Majalengka


Profil Wilayah
Quote:Geologi
Kondisi Geografis Majalengka terbagi dalam 3 zona daerah yaitu : daerah pegunungan dengan ketinggian 500-857 m di atas permukaan laut dengan luas 482,02 Km² atau 40,03 % dari seluruh luas wilayah Kabupaten Majalengka, daerah bergelombang/berbukit dengan ketinggian 50-500 m diatas permukaan laut dengan luas 376,53 Km² atau 31,27 % dari seluruh luas wilayah Kabupaten Majalengka dan daerah daratan rendah dengan ketinggian 19-50 m diatas permukaan laut dengan luas 345,69 Km² atau 28,70 % dari seluruh luas wilayah Kabupaten Majalengka.

  • Sebelah Utara : berbatas dengan Kabupaten Indramayu


  • Sebelah Timur : berbatas dengan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan


  • Sebelah Selatan : berbatas dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis


  • Sebelah Barat : berbatas dengan Kabupaten Sumedang




Wilayah Administrasi Pemerintahan
Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Majalengka terdiri dari 26 kecamatan dan 336 desa/kelurahan.

Quote:۞RULES۞Quote:1. WAJIB PRIME ID SETIAP HARI
2. Dilarang Posting Posting Gambar / Artikel yang berbau BB(Porno), DP (termasuk penggunaan EMO saja) semua nya tidak diperbolehkan
3. Minimal Posting 3 kata dan biasakan untuk menggunakan MultiQuote
4. Dilarang Transaksi Cendol atau Bata (Gunakan Fasilitas PM atau VM, bahkan Jika Perlu YM)
5. Tidak SARA/menghina/mencaci/menjatuhkan/menjelek-jelekkan antar kaskuser jika terjadi perbedaan pendapat, gunakan bahasa yang halus dan sopan agar tercipta kenyamanan dalam sosialisasi dan berinteraksi dengan sesama rekan-rekan kaskuser regional MAJALENGKA yang lainnya.

Quote:Rekan-rekan semuanya, Tolong bantuan dan kerjasamanya untuk menjaga Regional kita ini, kalau menemukan Kaskuser yang melanggar RULES diatas, dipersilahkan untuk Memberikan Teguran, kalo masih melanggar boleh lempar BATA atau melaporkan ke trit laporan supaya delete post atau di banned permanent sekalian yang bandel army: *termasuk TS klo bandel Malu>


★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 5

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 6
Mohon rekan rekan kaskuser Majalengka kembali mengisi data data sebagai berikut untuk di pajang di pejwan Big Grin

Quote:

  • Id Kaskus :


  • Nama :


  • Alamat :


  • No Hape : (tdk wajib)


  • YM :


  • Pesbuk :




Dan untuk tamu dari regional lain cukup mengisi sebagai berikut Big Grin
Quote:

  • Id Kaskus :


  • Nama :


  • Asal Regional :






Quote:Pariwisata di Kabupaten Majalengka

Quote:Curug Muara Jaya
Quote:


Spoilerfor curug muara jaya:

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 11



Curug Sawer
Quote:


Spoilerfor curug sawer:

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 12


Terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura. Dimana jarak yang harus ditempuh untuk menuju curug ini yaitu +21.5 km dari pusat kota Majalengka. Luas Curug Sawer sebesar +2.986 m2.
Keadaan curug muara sawer belum tercemar (polusi air, tanah,udara, suara, dan visual).

Talaga Herang
Quote:


Spoilerfor talaga herang:

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 13


Lokasi objek wisata terletak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi dengan luas +3 Ha, Jarak +25 km dari pusat Kota Majalengka, dimana objek ini berstatus milik 3 Desa yaitu Desa Jeruk Leueut, Desa Talaga Herang, Desa Padaherang, lokasi talaga itu sendiri berada di Desa jeruk Leueut, objek wisata dikelola oleh KOMPEPAR dan jumlah karyawan 10 orang. Jumlah kunjungan ke objek wisata ini pada tahun 2005 berjumlah 8.738 pengunjung dan pada tahun 2007 berjumlah 8.424 pengunjung yang rata-rata kunjungan pada hari libur +700 orang dengan harga tiket Rp. 3.000,-/orang.
Objek ini masih bersifat alami dengan mononjolkan daya tarik air talaga yang sangat bening dan adanya mata air yang keluar dari perut bumi ditengah talaga sehingga pengunjung dapat melihat sampai ke dasar talaga,
· Selain itu objek wisata ini menawarkan koleksi berbagai jenis ikan yang terdapat di talaga, pengunjung dapat menikmati keindahan talaga dengan menggunakan becak air atau perahu kecil,
· Fasilitas yang terdapat di objek ini yaitu mushola, rumah makan, toilet, tempat parkir, dan perahu, dengan kondisi jalan yang relatif baik serta adanya angkutan Desa yang menuju lokasi objek tersebut.
· Menyimpan budaya/ suatu adat untuk bermandi di sekitar talaga pada malam jum’at kliwon.

masih banyak tempat tempat wisata di Kabupaten Majalengka untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di SINI

Quote:untuk wisata kuliner lengkapanya bisa dilihat di sini : Wisata Kuliner

klo ada yang mau menambahkan hubungi TS Big Grin

Quote:Tempat nongkrong aseek nih gan Big Grin
punya kang myading Big Grin
Quote:Angkringan N3Net (Warung makan Angkringan barengan sama Warnet N3Net)
Jalan KH. Abdul Halim No. 123 Majalengka [Google Map: -6.833787,108.219038]

Quote:★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 17
pesan sponsor : jangan lupa mampir Big Grin


Quote:Kesenian Kabupaten Majalengka

Quote:dikutip dari Kesenian Kabupaten Majalengka

  1. Gaok


  2. Sampyong


  3. Sintren


  4. Kecapian


  5. Tari Topeng Klasik


  6. Kuda Renggong


  7. Gembyung


  8. Goong Renteng






Spoilerfor kesenian:

Quote:Sampyong
Quote:★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 19

Sintren

Quote:★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 20

Kuda Renggong
Quote:★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 21

Gembyung
Quote:★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 22

Goong Renteng
Quote:★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 23


Quote:Quote:SG Kaskuser Regional Majalengka

http://www.kaskus.co.id/group.php?groupid=5139 [Old]

http://livebeta.kaskus.co.id/group/5139 [Beta]

Quote:Grup Kaskuser Regional Majalengka on Facebook
klik pict

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 24

Quote:Follow us on twitter

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 25

@kaskus_MJLK Cool

Quote:Quote:Foto Foto Gathering Pertama Kaskuser Regional Majalengka
Kamis, 23 Agustus 2012


Quote:Quote:


Spoilerfor we are family:

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 27




Spoilerfor IGO 1:


★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 28★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 29★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 30★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 31★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 32


Spoilerfor ...:

nu teu kapoto hampura, da sayah ge teu kapoto Ngakak









Spoilerfor IGO 2:

★合★Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]★合★ 34



credit to kang kojek Angkat Beer

Quote:
Daftar Hadir Peluk

- prabudasamuka
- Adzzam
- achiecuy
- Atamagayoi
- ajidiansyah
- Boristyo
- Maak
- cimenk28
- conok
- uink123
- Bayu.Skate
- indraa57
- pirattes
- kab.majalengka <---klonengan bupati Ngakak (S)


Rencana Gathering KASKUSER Reg Majalengka ke II


&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 38



Daftar Peserta :



Spoilerfor peserta nya:


1. abah
2. achiecuy
3. conok
4. Al Aqeel
5. indra
6. maak
7. adisgania
8. co2zo
9. myading
10. athlon.ranger
11. maja_kelana
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34.
35.
36.
37.
38.
39.
40.
41.
42.
43.
44.
45.
46.
47.
48.
49.
50.






Tempat dan Lokasi Gath : angkringan kang ading (sebelah SMA 1)
Tanggal dan Waktu Gath : Minggu, 30 Desember 2012 jam 10

Yang mau ikut silahkan PM sayah Big Grin
Yang mau jadi donatur buat door prize juga sangat dipersilahkan Malu (S)


wah tiasa ngiring gabung didieu kang?
abdimah urang kuningan ngan nuju cicing sareng nimba elmu di majalengka kaleresan orang tua ge ge asli majalengka.
punten ah bilih teu raos mah mangga request delete we postinganna



Posted with kaskusBetaQR

Desain Kaos Regional Majalengka

Desain 1
Quote:Desain kang yanzrebel


Spoilerfor kaos:

&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 41



Desain 2
Quote:Original Posted By yanzrebel â–º
DIPILIH DIPILIH


Spoilerfor desain baju:



&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 42








Spoilerfor desain 2:



&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 43






ayo yang lain na yang punya desain silahkan post di sini Big Grin
di antos desain na Big Grin


Alhamdulillah janten Regional yeuh.
ngiring calik di pejwan ah.
.Blue Guy Peace

Quote:absen ulang
Id Kaskus : danzinside
Nama : Dadan Ramdan
Alamat : Cikasarung - Mjl
Ym : wonderkid2011


Id Kaskus : Prabudasamuka
Nama : Abah Ali
Alamat : Baturuyuk - Burujul
YM : bob_squadz










#eeaa..#eeaa..#eeaa Ngacir


Quote:Original Posted By prabudasamuka â–º
Id Kaskus : Prabudasamuka
Nama : Abah Ali
Alamat : Baturuyuk - Burujul
YM : bob_squadz


#eeaa..#eeaa..#eeaa Ngacir

aya aran lembur batukuruyuk?


biodata sambung tar mlm di reserved


Quote:Original Posted By deia â–º
aya aran lembur batukuruyuk?


biodata sambung tar mlm di reserved


wanjirr..balas dendamNgakak

aya atuh..lamun bahasa inggris na mah rock unitedCool


Quote:Original Posted By prabudasamuka â–º
wanjirr..balas dendam Ngakak

aya atuh..lamun bahasa inggris na mah rock united Cool


eta mah cibatu...
ari batukuruyuk naon bahasa inggrisna nya?


Quote:Original Posted By deia â–º
eta mah cibatu...
ari batukuruyuk naon bahasa inggrisna nya?


wakakakak..cibatuNgakak

baturuyuk lain batukuruyukCape d... (S)


Quote:Original Posted By prabudasamuka  ►


tiasa kang mangga &amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 55
isi heula biodata na supados kenal &amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 56


Id Kaskus : co2zo
Nama : Fiki
Alamat : jl. satari - Mjl
YM :co2zo@yahoo.com
Pesbuk : aya sih cuman tara facebookan jd cumah he.....

salam kenal k sadayanaShakehand2
I Love Indonesia





Posted with kaskusBetaQR


Quote:Original Posted By co2zo â–º
Id Kaskus : co2zo
Nama : Fiki
Alamat : jl. satari
YM : co2zo@yahoo.com
Pesbuk : aya sih cuman tara facebookan jd cumah he.....

salam kenal k sadayana Shakehand2
I Love Indonesia





Posted with kaskusBetaQR


salam kenal oge kangShakehand2
wah..ti kota na yeuh..Big Grin


Quote:Original Posted By danzinside â–º
Alhamdulillah janten Regional yeuh.
ngiring calik di pejwan ah.
.&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 63

Quote:

aya urang cikasarung. baturan ge aya urang cikasarung si deni, ID kaskus na conok kenal henteu kang?

Quote:Original Posted By prabudasamuka  ►

salam kenal oge kang &amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 64
wah..ti kota na yeuh..&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733;Kaskuser Regional Majalengka[Prime ID Only]&amp;#9733;&amp;#21512;&amp;#9733; 65


muhun kang ieu cicing sareng wargi, si akang ti mana kitu?



Posted with kaskusBetaQR


Quote:Original Posted By co2zo â–º
aya urang cikasarung. baturan ge aya urang cikasarung si deni, ID kaskus na conok kenal henteu kang?



muhun kang ieu cicing sareng wargi, si akang ti mana kitu?



Posted with kaskusBetaQR


conok mah sok aktif di b-log KAUM kangBig Grin
mun teu salah kamari basa gath ge aya hadirBig Grin
--------------------------------------
ti pasisian beulah kalerBig Grin
Baturuyuk kangBig Grin



off heula ah sadayana Ngacir

1 komentar: