Jumat, 28 Desember 2012

Membangun Bangsa Bervisi Maritim, BUKAN AGRARIS....


Makasih buat yang udah mau mampir.

Budayakan Rate 5 Stardan Blue Guy Cendol (L)
PeaceI Love Indonesia (S)




Spoilerfor gambar:

Membangun Bangsa Bervisi Maritim, BUKAN AGRARIS.... 5




Konsep Negara Kepulauan (Nusantara) memberikan kita anugerah yang luar biasa. Letak geografis kita strategis, di antara dua benua dan dua samudra dimana paling tidak 70% angkutan barang melalui laut dari Eropa, Timur Tengah dan Asia Selatan ke wilayah Pasifik, dan sebaliknya, harus melalui perairan kita. Wilayah laut yang demikian luas dengan 17.500-an pulau-pulau yang mayoritas kecil memberikan akses pada sumber daya alam seperti ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wilayah wisata bahari, sumber energi terbarukan maupun minyak dan gas bumi, mineral langka dan juga media perhubungan antar pulau yang sangat ekonomis.

Panjang pantai 81.000 km (kedua terpanjang di dunia setelah Canada ) merupakan wilayah pesisir dengan ekosistem yang secara biologis sangat kaya dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Secara metereologis, perairan nusantara menyimpan berbagai data metrologi maritim yang amat vital dalam menentukan tingkat akurasi perkiraan iklim global. Di perairan kita terdapat gejala alam yang dinamakan Arus Laut Indonesia (Arlindo) atau the Indonesian throughflow yaitu arus laut besar yang permanen masuk ke perairan Nusantara dari samudra Pasifik yang mempunyai pengaruh besar pada pola migrasi ikan pelagis dan pembiakannya dan juga pengaruh besar pada iklim benua Australia.

SAYANGNYAkeuntungan yang luar biasa di atas sebagai konsekuensi jati diri bangsa nusantara tidak disertai dengan kesadaran dan kapasitas yang sepadan. Bangsa Indonesia masih mengidap kerancuan identitas. Di satu pihak mempunyai persepsi kewilayahan tanah air, tetapi memposisikan diri secara kultural sebagai bangsa agraris dengan puluhan juta petani miskin yang tidak sanggup kita sejahterakan, sedangkan kegiatan industri modern sulit berkompetisi dengan bangsa lain, antara lain karena budaya kerja yang berkultur agrarian konservatif, disamping berbagai inefisiensi birokrasi dan korupsi.

Industri pun kita bangun tidak berdasar pada keunggulan kompetitif namun pada keunggulan komparatif, tanpa kedalaman struktur dan tanpa masukan keilmuan dan teknologi yang kuat. Tradisi kepelautan kita dinyatakan dengan kemampuan melayari Samudra Pasifik dengan kapal Pinisi Nusantara dan selamat sampai Vancouver, tapi kapal yang sama pecah dan tenggelam menabrak karang di Kepulauan Seribu dalam perjalanan lokal yang sederhana.

Jadi apa yang menjadi masalah bagi visi maritim Indonesia?

Masalahnya adalah bahwa kita harus menuntaskan jati diri bangsa sebagai penghuni negara kepulauan, dan perlu mempunyai visi dan strategi yang cerdas dan kreatif untuk keluar dari paradigma agraris tradisional ke arah paradigma maritim yang rasional dan berwawasan global. Bukan karena ingin menjadi negara superpower tetapi demi kesejahteraan rakyat dan harga diri serta keamanan bangsa.

Bukan beralih ke laut karena sudah terlalu banyak problem di darat seperti pengurasan sumber daya alam dan involusi pertanian, namun karena ingin mengintegrasikan sumber daya terestial dengan sumber daya perairan untuk mencapai nilai ekonomi tertinggi.



Spoilerfor jayalah terus Indonesiaku:

[Membangun Bangsa Bervisi Maritim, BUKAN AGRARIS.... 6



I Love Indonesia


Sundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul UpSundul Up



KissI Love Indonesia (S)

ane simak dlu ganSmilie

Indonesia banyak memiliki kepulauan dan sumber daya laut sampe sekarang belum diberdayakan secara maksimal.
Harusnya pemerintah atau generasi penerus mempunyai ide cemerlang untuk mengelolanya.

dua - dua nya sama sama bagus kok gan




Original Cloth | Premium Quality


Sayangnya sumberdaya dan sarana nya masih terbatas gan
Gimana tuh klo gitu..pemerintah juga ogah2an kyknyaCape d...

I Love Indonesia (S)

Perairan harus lebih dibenahi..
I Love Indonesia


Quote:Original Posted By E22ya1 â–º
Indonesia banyak memiliki kepulauan dan sumber daya laut sampe sekarang belum diberdayakan secara maksimal.
Harusnya pemerintah atau generasi penerus mempunyai ide cemerlang untuk mengelolanya.


setuju ane ganToast




Quote:Original Posted By vermata â–º
Perairan harus lebih dibenahi..
I Love Indonesia


2 Jempol

Quote:Original Posted By Daylightproject â–º
Sayangnya sumberdaya dan sarana nya masih terbatas gan
Gimana tuh klo gitu..pemerintah juga ogah2an kyknya Cape d...


iya gan..trus mau dibawa kmn negara ini ya ganMewek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar